Bupati Cilacap Launching Toko TPID untuk Jaga Stabilitas Harga Beras

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji melaunching secara simbolis  Toko TPID di pasar Sidadadi Sakalputung Cilacap, Senin (31/12). Dengan Launching tersebut Toko TPID di dua pasar lainnya yakni Pasar Gede dan Tanjung Sari juga mulai beroperasi. Toko TPID merupakan kerjasama antara Tim Pengendali Inflasi Daerah/TPID Kabupaten Cilacap dengan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Purwokerto.

Launching Toko TPID dihadiri Kepala BI Kantor Perwakilan Purwokerto, Agus Chusaini, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Cilacap, Dian Arinda Murni, serta sejumlah pejabat dijajaran Pemkab Cilacap.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyampaikan, Kabupaten Cilacap merupakan salah satu lumbung produksi padi di Jawa Tengah. Setiap tahunnya produksi beras di Kabupaten Cilacap mengalami surplus. Namun demikian, harga beras di Cilacap masih mengalami fluktuatif, sehingga TPID melakukan upaya stabilisasi harga, salah satunya dengan membuka toko TPID yang menjual komoditi beras.

Menurut Bupati, apabila toko TPID bisa berjalan dengan sukses, maka diharapkan langkah serupa juga dapat diterapkan untuk komoditas lainnya.

Kepala BI Kantor Perwakilan Purwokerto, Agus Chusaini dalam kesempatan yang sama menjelaskan, peluncuran Toko TPID akan memberi ruang gerak yang lebih jauh kepada pemerintah. Pemerintah tidak hanya bertindak sebagai otoritas pengendali semata, tetapi sekaligus bertindak sebagai pelaku. BI akan mengevaluasi evektivitas program ini pada satu bulan pertama. Toko TPID ini merupakan role model pertama. Kalau hasilnya efektif, maka kedepan akan kita replikasi untuk komoditas lainnya, ujar Agus.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Cilacap, Umar Said menjelaskan, untuk tahap awal Toko TPID memasok 30 ton beras kualitas medium. Beras tersebut dijual seharga Rp 47.500 dalam kemasan 5 kg, di sekitar 20 Toko TPID di tiga pasar wilayah eks Kotip Cilacap.

Menurut Umat, salah satu fungsi dari Toko TPID adalah untuk menstabilkan harga. Kalau terjadi kenaikan harga beras, maka TPID akan menggelotorkan komoditi beras ke pasar.

Beras yang dijual di Toko TPID merupakan produksi petani lokal yang dipasok dari Gapoktan. Apabila sebelumnya komoditas tersebut didistribusikan ke sejumlah kota besar, kali ini pasokannya diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lokal.

Kontributor: TPID Cilacap

Comments are closed.